Pengertian Resistor


Ilustrasi Resistor

Resistor  adalah  komponen  dasar  lektronika  yang  digunakan  untuk membatasi jumlah  arus  yang  mengalir  dalam  suatu  rangkaian.  Resistor  bersifat  resistif  dan umumnya  terbuat  dari  bahan  karbon.  Satuan  resistansi  dari  suatu  resistor  disebut Ohm atau dilambangkan dengan simbol Ω (Omega).

Bentuk  resistor yang umumnya adalah seperti  tabung dengan dua kaki kiri dan kanan.  Pada  badannya  terdapat  lingkaran membentung  gelang/cincin  kode warna untuk  mengetahui  besar  resistansi  tanpa  mengukur  besarnya  dengan  ohmmeter. Kode warna  tersebut  adalah standar  manufaktur  yang  dikeluarkan  oleh  EIA (Electronic Industries Association) seperti yang ditunjukan di bawah.

Sismbol Resistor


Berdasarkan bentuknya dan proses pemasangannya pada PCB, Resistor terdiri 2 bentuk  yaitu bentuk Komponen Axial/Radial dan Komponen Chip. Untuk bentuk Komponen Axial/Radial, nilai resistor diwakili oleh kode warna sehingga kita harus mengetahui  cara  membaca  dan  mengetahui  nilai-nilai  yang  terkandung  dalam warna  tersebut  sedangkan  untuk  komponen  chip,  nilainya  diwakili  oleh  Kode tertentu sehingga lebih mudah dalam membacanya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, nilai Resistor yang berbentuk Axial adalah diwakili oleh Warna-warna yang terdapat di tubuh (body) Resistor itu sendiri dalam bentuk Gelang. Umumnya terdapat 4 Gelang di tubuh Resistor, tetapi ada juga yang 5 Gelang.

Cara membaca Resistor

Share this

Related Posts

First